Advertisement here

Pembahasan Arti Buzzer Marketing

Apakah Buzzer Marketing Itu ?

Merebaknya media sosial sebagai tempat regu marketing untuk menggarap audien berhasil mendatangkan beragam macam jenis pekerjaan baru.

Salah satunya yakni buzzer. Ya... sekarang pekerjaan ini banyak dibutuhkan oleh banyak organisasi dan perusahaan yang sedang sibuk mengoptimalkan brand image mereka.

Buzzer itu sendiri berasal dari kata buzz, yang mempunyai arti dengungan, rumor, atau isu. Berangkat dari definisi itulah seorang buzzer memiliki tugas sebagai penyampai kabar ataupun isu secara berulang-ulang yang berjuan menjangkau jumlah audiens yang luas serta menciptakan suatu opini publik. 

Hakekatnya, tahap kerja yang dilakukan buzzer profesional serupa dengan tugas dan aktivitas seorang wartawan berita. Tidak hanya sebagai penyampai kabar informasi atau isu namun buzzer juga memberikan sebuar report yang sesuai dengan fakta terkait topik yang diberikan. Namun konsentrasi dan fokus kerja buzzer ialah bergerak  pada platform media sosial. Menurut para pengamat media sosial buzzer ini diperuntukkan untuk tujuan memenangkan opini di medsos.Mereka yang sukses menjadi buzzer yakni individu yang dapat memberikan imbas besar di media sosial.

Buzzer Marketing Indonesia


Paradigma Buzzer Indonesia

Fungsi buzzer sebagai pembentuk dan penyampai informasi serta opini ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan tidak hanya bekerja untuk membentuk brand image maupun endorsment saja namun kerap kali digunakan untuk keperluan kampanye yang kerap kali terjadi baru baru ini, dari sinilah image buzzer menjadi berkonotasi negatif di kalangan masyarakat awam. 

Sebagai penulis dari tugas essay ini menyayangkan stigma yang terlekat pada buzzer sebagai penyebar HOAX demi membentuk opini di medsos karena penulis juga sudah hampir 4 bulan aktif berkecimpung di dunia Internet Marketing dan membuka jasa promosi produk melalui internet sehingga secara tidak langsung penulis juga dapat dikategorikan sebagai salah satu bagian dari Buzzer Marketing. Dari pengalaman yang saya miliki selama membuka jasa Internet Marketing / Buzzer Marketing disinilah saya mulai memahami betapa besarnya peluang dari pekerjaan ini karena Buzzer Marketing sendiri adalah hal yang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk keperluan apapun dengan memanfaatkan internet dan media sosial sebagai sarana menebar brosur.

Dampak cukup besar yang dapat dirasakan dengan adanya buzzer marketing ini adalah dapat meningkatkan penjualan khususnya produk - produk yang dimiliki UMKM dan saat ini para pelaku usaha UMKM maupun ekonomi kreatif sudah mulai memahami betapa pentingnya dan menggiurkannya melakukan pemasaran di internet atau dengan memanfaatkan buzzer marketing sehingga produk mereka lebih dikenal luas kemudian pada akhirnya dapat meningkatkan profit dari produk atau jasa yang ditawarkan. Apalagi dimasa pandemi seperti ini dimana penjulan online sangat mengalami peningkatan karena semakin lama masyarakat lebih memburu hal hal yang instan dan tidak ribet untuk memenuhi kebutuhannya dan online adalah nadi penggeraknya saat ini.

Kriteria Seorang Buzzer Marketing

1. Memiliki Banyak Akun Media Sosial Aktif
2. Rajin Membuat Postingan
3. Rajin Berkomentar
4. Pengikut Akun Buzzer Tidak Sebanyak Influencer
5. Paham SoftSelling

Penlulis akan memberikan sedikit bocoran untuk point ke 4, kenapa buzzer walaupun jumlah followers nya tidak terlalu banyak namun bisa menjangkau audiens ? apakah bisa ? apakah masuk akal ?

Tentu sangat bisa dan masuk akal karena pada dasarnya kita harus berteman dengan mesin, serta harus tahu seluk beluk mesin itu bekerja karena baik Google, dan seluruh media sosial yang ada seluruhnya memiliki mesin untuk proses pengindex an dan manajemen data. Mudahnya kita harus mengetahui apa kesukaan dari mesin tersebut sehingga jika kita sudah tau kesukaan mesin kita racik dalam setiap postingan yang dibuat sehingga karena mesin menyukai artikel atau postingan yang dibuat maka mesin akan lebih mudah mengenalinya. Saya pribadi sudah menerapkan praktik PDKT dengan mesin berulang kali untuk keperluan client yang berbeda dan semua hasilnya memuaskan sesuai harapan. Ingat setiap sosmed juga punya karakteristiknya masing - masing jadi satu platform sosmed dengan platform sosmed lain tidak bisa disamaratakan perlakuannya.

Keuntungan Menggunakan Buzzer Marketing

1. Cost lebih minim dibandingkan pasang reklame konvensional
2. Pangsa pasar yang lebih luas dan menjanjikan (marketplace, forum, google, sosmed)
3. Informasi yang diberikan lebih cepat diakses
4. Pemarasan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja

Kesimpulan

Pada era Great Reset seperti saat ini semuanya dipaksakan untuk mulai beralih serba digital dan menurut penulis pemasaran secara konvensional sudah kurang efektif lagi disamping cost yang diperlukan juga besar. Pasar saat ini sudah sangat bergantung dengan gadget dan mesia sosialnya sehingga inilah lapak terbaik kita untuk berjualan dengan sebanyak banyaknya membanjiri media sosial, forum, google, dan marketplace yang ada, disinilah peran yang menguntungkan dapat diambil oleh seorang buzzer marketing dengan memanfaatkan keahlinannya untuk hal - hal positif. Serta perlunya UMKM dan industri kreatif di Indonesia harus cepat beradaptasi dengan era 4.0 ini dimana dengan adanya Great Reset yang saat ini terjadi semua usaha seolah olah start dari awal lagi dan siapa yang cepat beradaptasi dan mampu berkolaborasi dengan baik dia yang akan memenangkan dan mendominasi pasar.


=======================Creator : Ishaq Husainy Nuryanto=========================








Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
Buzzer,Buzzer Indonesia,Buzzer Marketing,Buzzer Online,Buzzer Sosmed